oleh

Puluhan Hektar Sawah Kekeringan, Petani di Sumberwaras Terancam Gagal Panen

LEBAK |Interaksi Media.com – Puluhan hektar sawah milik petani di Desa Sumberwaras, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten dilanda kekeringan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Surta Pujangga, Ketua Kelompok Tani Cipanjangjaya kepada Interaksi Media.com melalui pesan singkat WhatsApp telepon selulernya belum lama ini.

Menurutnya, kekeringan yang melanda puluhan hektar sawah milik petani terjadi, lantaran musim kemarau dan tidak adanya alat mesin pompa atau mesin penyedot air.

Karena musim kemarau dan tidak adanya alat mesin penyedot air, ia dan puluhan petani harus rela melihat tanaman padinya yang berusia 25 hari itu kekeringan.

“Ya mau bagaimana lagi, untuk menyelamatkan padi yang kami tanam itu kami tidak memiliki mesin penyedot air. Paling menunggu air hujan turun,” katanya.

Surta beserta petani lainnya berharap, Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) setempat segera mencari solusi untuk menyelamatkan padi agar tidak kekeringan dan berdampak terjadinya gagal panen.

“Kami khawatir terjadi gagal panen kalau kekeringan ini tidak segera di antisipasi, kami butuh mesin penyedot air,” harapnya.

Senada dikatakan Saridan, kalau kekeringan itu terus dibiarkan dan tidak segera di antisipasi, maka kemungkinan besar petani di blok Cibuek dan sekitarnya akan mengalami gagal panen.

“Nya akibat halodo cai di sawah itu saat. Mesin cai diperlukeun dina waktu ayeuna (Ya akibat musim kemarau air di pesawahan itu kering. Mesin air sekarang ini diperlukan,” tuturnya.

Sampai berita ini dilansir, Interaksi Media.com belum mendapat tanggapan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak. (emo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed