oleh

Pasca Penutupan PETI, Bupati Lebak Minta Balai TNGHS Dukung Program Sosial Ekonomi

LEBAK | Bupati Lebak, Banten, Hj. Iti Octavia Jayabaya, mengatakan, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) mendukung program sosial ekonomi pasca penutupan PETI di blok Cikidang bagi masyarakat setempat.

Menurut Iti, dukungan program sosial ekonomi dari Balai TNGHS itu diperlukan pihaknya lantaran menyangkut keberlangsungan hajat hidup orang banyak dan masa depan anak-anak eks PETI.

“Untuk kelancaran dan berjalannya program sosial ekonomi bagi masyarakat eks PETI ini, kami butuh dukungan dari Balai TNGHS,” kata Iti

Dijelaskan Iti, penutupan PETI di kawasan hutan TNGHS blok Cikidang level 400 dan Level 500 yang dilakukan Tim Gabungan Operasi Simpatik tersebut, tidak semata menyelamatkan hutan dan ekosistem di kawasan hutan TNGHS, tetapi juga bagian dari upaya penyelamatan nyawa manusia (penambang -red) itu sendiri.

“Pasca penutupan ini harus ada tindak lanjut, dan tindak lanjutnya itu program sosial ekonomi masyarakat. Dimana, dengan adanya program tersebut masyarakat yang dulunya penambang memiliki kegiatan yang berbasis agrobisnis,” jelasnya.

Lebih jauh Iti menegaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak tidak berharap para PETI di kawasan hutan TNGHS kembali pada kegiatan serupa.

“Tentu kita tidak berharap para PETI ini kembali melakukan kegiatan yang ilegal yakni menambang emas tanpa izin. Karenanya program sosial ekonomi itu akan kita gulirkan,” pungkasnya (emo/hmsl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed