oleh

Ingin Semakin Disiplin di Tempat Kerja? Lakukan 5 Cara Sederhana Ini

-Nasional-174 views

JAKARTA | InteraksiMedia.com – Hal apa yang selalu menjadi masalah Anda di tempat kerja selama setahun belakangan? Apakah Anda selalu terlambat datang ke kantor? Apakah Anda sering telat mengumpulkan tugas dari atasan?

Dikutif dari Okezone.com, jika disiplin adalah masalah utama Anda, maka cobalah untuk memperbaiki diri di tahun 2019. Berikut cara untuk lebih disiplin di tempat kerja seperti yang dilansir qerja, Sabtu (5/1/2019).

1. Mulai dari Hal Kecil

Melatih diri untuk menjadi disiplin di tempat kerja tidak bisa dilakukan dalam waktu cepat. Tidak ada hal yang instan. Untuk mendisiplinkan diri, Anda dapat memulai dari hal kecil.

Misalnya Anda bisa mulai dari mengecek email sehingga mengetahui pekerjaan yang harus dilakukan sepanjang hari. Lakukan hal itu selama sepekan, sampai menjadi kebiasaan. Jika Anda sudah berhasil disiplin untuk satu pekerjaan, tambahkan tugas mudah lainnya untuk diri sendiri.

2. Buat Jadwal Harian

Ketika Anda sudah mulai terbiasa dengan beberapa hal positif, buatlah jadwal harian. Anda bisa menetapkan waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Sebagai contoh, Anda menyiapkan waktu untuk mengecek emailpada pagi hari selama 15 menit. Anda harus mematuhi jadwal tersebut dan jangan sampai tergoda untuk berselancar di dunia mya dan melihat linimasa media sosial di waktu tersebut.

Setelah itu, Anda juga bisa memasukkan daftar pekerjaan ke dalam jadwal harian. Anda dapat memasukan pekerjaan sulit pada jadwal pagi hari ketika pikiran masih segar. Anda juga harus punya target untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut selama waktu yang telah ditentukan.

3. Manfaatkan Teknologi

Teknologi masa kini bisa membantu Anda untuk mendisiplinkan diri di tempat kerja. Anda dapat menemukan berbagai aplikasi yang berguna untuk pelacakan waktu, membuat to-do list, kalender, manajemen proyek, produktivitas kerja, dan sebagainya.

Namun, Anda perlu ingat untuk menggunakan teknologi dengan bijak sebagai alat bantu untuk mencapai target disiplin. Jangan sampai Anda malah “diperbudak” teknologi dan merasa wajib untuk memenuhi segala hal yang dikatakan oleh aplikasi.

4. Memahami Batasan Diri

Sepanjang proses mendisiplinkan diri, mungkin Anda melakukan sekali atau dua kali pelanggaran. Terkadang, Anda tidak bisa mencapai target menyelesaikan satu tugas pada jadwal yang sudah ditetapkan sendiri. Jangan khawatir, Anda bisa memasukkan tugas tersebut pada jadwal di hari berikutnya.

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi disiplin di tempat kerja dalam waktu singkat. Anda juga harus mengurangi tekanan pada diri dan tidak harus selalu mencapai kesempurnaan. Dengan memahami batasan diri, Anda akan merasa lebih nyaman menjalani proses mendisiplinkan diri.

5. Memberi Hadiah untuk Keberhasilan

Saat Anda berhasil disiplin dan mematuhi semua jadwal yang sudah disiapkan, maka tidak ada salahnya untuk memberi hadiah pada diri sendiri. Bentuk reward bisa bermacam-macam. Anda bisa jajan es krim sepulang kerja, nonton film, atau pergi ke salon.

Bentuk hadiah dari keberhasilan Anda juga bisa berupa kelonggaran jadwal di hari berikutnya. Anda bisa membuat jadwal baru dengan menetapkan waktu bermain media sosial lebih lama dari sebelumnya.

Disiplin di tempat kerja akan membantu kita mencapai keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. Jika kita disiplin pada waktu kerja yang sudah ditetapkan, maka kita akan bekerja keras mencapai target saat di kantor. Setelah jam kerja habis, kita tidak perlu membawa tugas pulang ke rumah, sehingga bisa menikmati waktu untuk diri sendiri, bersama teman, atau keluarga. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed