oleh

Dinas KP Lebak Gelar Bimtek Kearsipan

LEBAK | Interaksi Media.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Banten melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Kearsipan, Senin (24/6/2019) di salah satu Hotel di Rangkasbitung. 

Bimtek yang dibuka Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, dilakukan Dinas KP guna meningkatkan kompetensi pengelola arsip dalam rangka terwujudnya Tertib Arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya mengatakan, melalui peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 7 Tahun 2017, pemerintah pusat telah meluncurkan gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

Dijelaskan Iti, GNSTA adalah upaya meningkatkan kesadaran lembaga negara dan penyelenggaraan pemerintah daerah mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya kearsipan, prasarana sarana, pengelolaan arsip serta pendanaan kearsipan.

“Saya berharap melalui kegiatan ini profesionalisme dapat meningkat, sebagaimana di amanatkan Perda dan Perbup, kompetensi arsiparis dapat diterapkan dengan tertib oleh perangkat daerah,” jelasnya. 

Dilain pihak, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Asep Komar Hidayat mengatakan, pengadaan dan pembinaan tenaga arsiparis dan tenaga pengelola kearsipan bekerjasama dengan OPD terkait bisa terus dan di optimalkan.

“Bagi OPD yang belum menyediakan sarana kearsipan, diharapkan dapat segera menetapkan pengelola Unit Kearsipan Tingkat II, sehingga pembinaan selanjutnya dapat lebih terarah dan berkelanjutan,” kata Asep. 

Untuk diketahui, Bimtek Kearsipan Tahun 2019 diikuti sedikitnya 81 orang peserta perwakilan dari pengelola arsip OPD dan Kecamatan selama tiga hari mulai tanggal 24-26 Juni 2019. (emo/hmsl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed